PEMBINAAN KELOMPOK TANI KRING GADINGHARJO

Administrator 25 September 2023 14:51:48 WIB

Donotirto_Pemerintah Kalurahan Donotirto menyelenggarakan pelatihan kelompok tani kring Gadingharjo yang dilaksanakan pada senin (25/09) bertempat di Aula Kalurahan Donotirto pada pukul 09. 00 WIB. Pelaksanaan Pembinaan Kelompok tani tersebut diikuti sebanyak 48 peserta pelatihan yang tersebar di empat padukuhan yakni Padukuhan Kalipakel, Padukuhan Gadingdaton, Padukuhan Palangjiwan, dan Padukuhan Gadinglumbung dengan melibatkan 3 Kelompok Tani. Pembinaan tersebut juga turut mengundang penyuluh pertanian dari BPP Kapanewon Kretek. Agenda pembinaan tersebut merupakan kegiatan diskusi antar perwakilan kelompok tani dengan beberapa pokok bahasan diantaranya pengendalian hama bawang merah dimana bawang merah adalah salah satu komoditas pertanian penting di Kalurahan Donotirto. Dalam pertemuan ini, narasumber dari BPP Kapanewon Kretek memberikan panduan tentang cara efektif mengendalikan hama dan gulma yang sering menjadi masalah dalam budidaya bawang merah. Teknik pengendalian hama dan gulma secara terpadu, dengan memanfaatkan metode organik dan pestisida yang ramah lingkungan, menjadi salah satu fokus pembahasan. Petani diajak untuk mengenali gejala serangan hama dan gulma sejak dini dan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang sesuai. 

Selain itu, harga pupuk yang semakin melambung tinggi juga merupakan salah satu faktor pendukung dalam hasil pertanian dimana melambungnya harga pupuk, membuat masyarakat menjadi mengurangi jatah pupuk untuk pertanian sehingga komoditi hasil pertanian berkurang. Masyarakat berharap untuk diberikan kartu tani yang merupakan salah satu solusi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani melalui Kartu Tani dimana Kartu ini tidak hanya berfungsi sebagai identifikasi petani, tetapi juga sebagai alat untuk memperoleh bantuan dan manfaat lainnya. Narasumber menjelaskan bahwa Kartu Tani dapat memberikan akses lebih mudah ke program bantuan, subsidi pupuk, dan benih unggul. Selain itu, Kartu Tani juga membantu pemerintah dalam memantau dan mengelola pertanian secara lebih efisien. Sehingga kelompok tani menginginkan regulasi untuk mendapatkan kartu tani dapat diperbaiki lagi terutama dalam distribusi pupuk yang semakin berkurang sehingga masyarakat tidak mendapatkan jatah pupuk bersubsidi meskipun telah mengantongi kartu tani. 

Beberapa permasalahan dibahas sehingga menemukan solusi yang terbaik untuk mengatasi permasalahan pertanian yang ada di wilayah Kalurahan Donotirto sehingga diharapkan sektor pertanian di wilayah Kalurahan Donotirto semakin berkembang. 

Komentar atas PEMBINAAN KELOMPOK TANI KRING GADINGHARJO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Tanggal :

Pengumuman

Pelayanan Libur pada Hari Rabu, 28 Juni 2023 s.d Jum'at, 30 Juni 2023 dikarenakan Cuti Hari Raya Idul Adha

Pamong Kalurahan Donotirto

Jurahimi Lurah Donotiro, Munir Sulastama Carik Donotirto, R. Andri Kusworo Ulu Ulu, Grandy Setyawan Jagabaya, Fauzan Nurul Huda Kamituwa, Sunardi, S.H Kaur Pangripta, Nita Nurwijyati Kaur Danarta, Ocq Frelliya Kaur Tata Laksana, Jayusman Dukuh Kalipakel, Sriyanto Dukuh Gadingdaton, Kiswanto Dukuh Palangjiwan, Edy Purnama Dukuh Gadinglumbung, Yurianta Dukuh Gadingharjo, Harsana Dukuh Mersan, Arif Miftahuddin Dukuh Colo, Anas Martanta Dukuh Busuran, Sukisna Dukuh Sruwuh, Nurdin Tri N Dukuh Tegalsari, Agus Hasta Dukuh Metuk, Sungatijan Dukuh Greges, Tri Sudaswadi Dukuh Mriyan

Koes Plus

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License