PENINGKATAN KAPASITAS PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI PROGRAM PPBMP

Administrator 31 Juli 2023 09:22:05 WIB

Donotirto_PKK Padukuhan Mriyan bersama dengan Pemerintah Kalurahan Donotirto dan Partisipasi dari masyarakat melaksakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Pemilahan Sampah Rumah Tangga pada sabtu (29/7) bertempat di Halaman Rumah Bapak Dukuh Mriyan. Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas ini merupakan salah satu langkah awal dalam mengurangi Produksi Sampah Rumah Tangga yang ada disekitar kita. Acara pengelolaan sampah di Padukuhan Mriyan ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kalurahan, Dinas Lingkungan Hidup, serta partisipasi aktif warga setempat. Tujuan utama dari acara ini adalah meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang pentingnya pengelolaan sampah yang baik serta mendorong tindakan nyata dalam menghadapi masalah ini. Peningkatan Kapasitas ini merupakan inisiasi masyarakat yang didanai dana PPBMP Tahun Anggaran 2023 guna mengupayakan pemilahan sampah yang ada di Padukuhan berjalan dengan efektif dan mampu mengatasi permasalah sampah rumah tangga sejalan dengan diterbitkannya SK Bupati Bantul Nomor 333 tentang Darurat Sampah. 

Kegiatan dimulai dengan sambutan hangat dari Kamituwa Kalurahan Donotirto beliau menekankan pentingnya partisipasi aktif seluruh warga dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan praktik pengelolaan sampah yang ramah lingkungan. Kamituwa juga mengapresiasi upaya warga dalam menghadapi masalah sampah ini.Acara selanjutnya dilanjutkan dengan sesi pelatihan pengelolaan sampah yang dipandu oleh para ahli lingkungan. Materi yang disampaikan mencakup pemisahan sampah organik dan non-organik, manfaat dari daur ulang, serta cara pembuatan kompos dari sampah organik. Selama sesi ini, warga Padukuhan Mriyan memiliki kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi dengan para ahli, sehingga mereka mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang pengelolaan sampah yang efektif.

Selain itu, acara ini juga melibatkan pendirian Bank Sampah di Padukuhan Mriyan. Bank Sampah ini adalah langkah inovatif yang bertujuan untuk mendorong masyarakat untuk mendaur ulang dan memanfaatkan kembali sampah yang dapat diolah menjadi barang bernilai ekonomi. Melalui Bank Sampah, warga dapat mendapatkan manfaat ekonomi dari pengelolaan sampah yang berkelanjutan.

Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Sampah Rumah Tangga pada sabtu lalu di Padukuhan Mriyan, Kalurahan Donotirto, Kabupaten Bantul, adalah bukti nyata dari komitmen dan semangat masyarakat dalam menghadapi masalah sampah. Dengan kolaborasi dan partisipasi aktif, diharapkan kegiatan ini dapat menjadi contoh dan menginspirasi komunitas lainnya untuk menerapkan pengelolaan sampah yang lebih baik dan berkelanjutan.

 

Komentar atas PENINGKATAN KAPASITAS PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI PROGRAM PPBMP

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Tanggal :

Pengumuman

Pelayanan Libur pada Hari Rabu, 28 Juni 2023 s.d Jum'at, 30 Juni 2023 dikarenakan Cuti Hari Raya Idul Adha

Pamong Kalurahan Donotirto

Jurahimi Lurah Donotiro, Munir Sulastama Carik Donotirto, R. Andri Kusworo Ulu Ulu, Grandy Setyawan Jagabaya, Fauzan Nurul Huda Kamituwa, Sunardi, S.H Kaur Pangripta, Nita Nurwijyati Kaur Danarta, Ocq Frelliya Kaur Tata Laksana, Jayusman Dukuh Kalipakel, Sriyanto Dukuh Gadingdaton, Kiswanto Dukuh Palangjiwan, Edy Purnama Dukuh Gadinglumbung, Yurianta Dukuh Gadingharjo, Harsana Dukuh Mersan, Arif Miftahuddin Dukuh Colo, Anas Martanta Dukuh Busuran, Sukisna Dukuh Sruwuh, Nurdin Tri N Dukuh Tegalsari, Agus Hasta Dukuh Metuk, Sungatijan Dukuh Greges, Tri Sudaswadi Dukuh Mriyan

Koes Plus

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License