SOSIALISASI PUSPAGA DAN UPAYA PENCEGAHAN TINDAK KEKERASAN ANAK

Administrator 30 Mei 2023 12:22:47 WIB

Donotirto_Telah berlangsung Sosialisasi PUSPAGA dan Upaya Tindak Kekerasan Terhadap Anak yang diselenggarakan di Kapanewon Kretek pada Selasa (30/5) bertempat di Aula UP2K Kapanewon Kretek. Hadir perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Bantul. Program sosialisasi PUSPAGA dan Upaya tindak kekerasan terhadap anak ini merupakan tindak lanjut dari program KLA dimana Kapanewon dan Kalurahan dapat menerapkan KLA. KLA bukan hanya tugas lembaga pemerintahan yang turun hingga level Kalurahan saja, namun partisipasi dan keterlibatan masyarakat juga diperlukan sehingga KLA dapat diterapkan di Kabupaten Bantul secara menyeluruh. 

Dalam sosialisasi tersebut, DP3APPKB mengajak seluruh lapisan masyarakat maupun forum anak untuk dapat ikut serta melaksanakan KLA. Dimana, sejatinya KLA sendiri merupakan program pembangunan terencana dan berkelanjutan serta terprogram sedemikian rupa dimana seluruh lini dan lapisan masyarakat harus ikut berpartisipasi. KLA sejatinya diterapkan sedini mungkin mulai dari level rumah tangga. Rumah tangga berperan penting dalam penerapan perlindungan anak dan keluarga dimana di dalam kelaurga terdapat delapan fungsi keluarga yang harus dilaksanakan dan diterapkan terhadap anak dengan demikian anak menjadi terpenuhi hak - haknya dan bebas dari ancaman serta mendapat perlindungan yang seutuhnya di dalam keluarga. 

Lebih lanjut DP3APPKB mengatakan bahwa jika delapan fungsi keluarga tidak dijalankan ataupun diterapkan, maka anak akan rentan terhadap kekerasan anak. Belakangan ini banyak terjadi kasus kekerasan anak yang dimulai dari keluarga sehingga anak rentan sekali mendapat diskriminasi baik dari lingkungan dan kesulitan untuk bersosisalisasi. Diharapkan melalui kegiatan sosialisasi ini, masyarakat terutama PKK dan Forum anak lebih aware lagi terhadap kasus kekerasan anak dan penerapan KLA. Lebih lanjut, diharapkan setiap adanya kasus kekerasan anak atau hak hak anak tidak terpenuhi dapat difasilitasi dan dilaksanakan pendampingan maupun pelaporan di satgas kekerasan anak atau dapat di arahkan di PUSPAGA Kabupaten Bantul. 

Komentar atas SOSIALISASI PUSPAGA DAN UPAYA PENCEGAHAN TINDAK KEKERASAN ANAK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Tanggal :

Pengumuman

Pelayanan Libur pada Hari Rabu, 28 Juni 2023 s.d Jum'at, 30 Juni 2023 dikarenakan Cuti Hari Raya Idul Adha

Pamong Kalurahan Donotirto

Jurahimi Lurah Donotiro, Munir Sulastama Carik Donotirto, R. Andri Kusworo Ulu Ulu, Grandy Setyawan Jagabaya, Fauzan Nurul Huda Kamituwa, Sunardi, S.H Kaur Pangripta, Nita Nurwijyati Kaur Danarta, Ocq Frelliya Kaur Tata Laksana, Jayusman Dukuh Kalipakel, Sriyanto Dukuh Gadingdaton, Kiswanto Dukuh Palangjiwan, Edy Purnama Dukuh Gadinglumbung, Yurianta Dukuh Gadingharjo, Harsana Dukuh Mersan, Arif Miftahuddin Dukuh Colo, Anas Martanta Dukuh Busuran, Sukisna Dukuh Sruwuh, Nurdin Tri N Dukuh Tegalsari, Agus Hasta Dukuh Metuk, Sungatijan Dukuh Greges, Tri Sudaswadi Dukuh Mriyan

Koes Plus

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License