PEMBINAAN KELOMPOK TANI

Administrator 17 November 2022 13:34:26 WIB

Donotirto_Telah dilaksanakan pembinaan kelompok tani pada selasa (15/11) s.d Rabu (16/11) lalu dengan menghadirkan narasumber dari BPP Kretek. Dalam pembinaan tersebut, dibahas beberapa hal terkait pertanian di cuaca ekstrem tersebut. Dalam pokok bahasan tersebut, diberikan pembahasan silang antara narasumber dengan peserta sehingga dapat memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Beberapa dampak cuaca ekstrem yang dirasakan oleh petani diantaranya gagal panen, kualitas produk pertanian menjadi menurun, hama, jamur, dan gulma yang berkembang pesat sehingga sulit ditanami hingga masalah tanah yang bantat. 

Dalam pertemuan tersebut juga diberikan solusi, mengingat unsur hara tanah yang sudah rusak maka petani diharapkan untuk mengurangi ketergantungan terhadap pupuk kimia ditengah gempuran pengurangan subsidi pupuk kimia. Pupuk kimi yang berlebihan ditambah fungsida, herbisida, dan pestisida membuat biota alami tanah menjadi mati dan berakibat tanah tidak terjaga kegemburan dan kesuburannya. Untuk itu Kelompok tani dihadapkan untuk dapat beralih menggunakan pupuk serta pestisida alami. 

Pada pertemuan tersebut juga, narasumbe berkesempatan untuk mempraktekkan tata cara pembuatan pupuk kompos serta penanangan pasca panen sehingga petani dapat memanen hasil pertanian dengan baik dan benar sehingga tidak menimbulkan bulky yang berlebih dan harga jual diharapkan meningkat. 

Komentar atas PEMBINAAN KELOMPOK TANI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Tanggal :

Pengumuman

Pelayanan Libur pada Hari Rabu, 28 Juni 2023 s.d Jum'at, 30 Juni 2023 dikarenakan Cuti Hari Raya Idul Adha

Pamong Kalurahan Donotirto

Jurahimi Lurah Donotiro, Munir Sulastama Carik Donotirto, R. Andri Kusworo Ulu Ulu, Grandy Setyawan Jagabaya, Fauzan Nurul Huda Kamituwa, Sunardi, S.H Kaur Pangripta, Nita Nurwijyati Kaur Danarta, Ocq Frelliya Kaur Tata Laksana, Jayusman Dukuh Kalipakel, Sriyanto Dukuh Gadingdaton, Kiswanto Dukuh Palangjiwan, Edy Purnama Dukuh Gadinglumbung, Yurianta Dukuh Gadingharjo, Harsana Dukuh Mersan, Arif Miftahuddin Dukuh Colo, Anas Martanta Dukuh Busuran, Sukisna Dukuh Sruwuh, Nurdin Tri N Dukuh Tegalsari, Agus Hasta Dukuh Metuk, Sungatijan Dukuh Greges, Tri Sudaswadi Dukuh Mriyan

Koes Plus

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License