PEMDA PASTIKAN PILKADA AMAN DARI COVID-19

Administrator 10 Desember 2020 08:21:18 WIB

Donotirto_Rabu pagi (9/12) kemarin, Sekretariat Daerah bersama jajaran dan anggota kepolisian serta anggota TNI menyambangi TPS 006 Dusun Gadingdaton, Desa Donotirto untuk melaksanakan monitoring dan peninjauan langsung pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah tahun 2020. Dalam kunjungan tersebut, Kepala Sekda Kabupaten Bantul didampingi oleh Panewu Kretek. Kunjungan tersebut diharapkan dapat sebagai evaluasi dan tindak prefentif pada pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 aman dari penularan Covid-19. 

Panewu Kretek memastikan bahwasanya dalam Pilkada Tahun ini seluruh Desa dipastikan sudah aman karena memenuhi protokol kesehatan yang ada. Sejumlah aturan dan prosedur baru kemudian diterapkan demi menghindari penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. Berikut rangkuman proses pemungutan suara yang diatur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), seperti yang dikutip dari Buku Panduan KPPS Pemilihan Serentak Tahun 2020: Dimana Pemilih antre di luar Tempat Pemungutan Suara ( TPS) dengan memperhatikan jarak aman. Kemudian petugas ketertiban menghimbau pemilih untuk menggunakan masker dan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan. Setelah itu, petugas ketertiban mengecek suhu tubuh pemilih. Kemudian, Pemilih mengisi formulir Model C, daftar hadir-KWK, setelah menunjukkan Model C pemberitahuan-KWK serta KTP elektronik kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Dan tahap akhir pemilih diberikan surat suara dan memilih sesuai dengan hati nurani dan memasukkan dalam kotak suara. 

Bukti pemilih telah melaksanakan pencoblosan yang sebelumnya dilakukan dengan mencelupkan jari kelingking pada tinta biru, pada saat pandemi ini prosedur pencelupan jari ke tinta dilaksanakan atau diganti dengan meneteskan tinta menggunakan pipet oleh petugas. Kemudian untuk meminimalisir penyebaran virus pemilih juga diharapkan membawa pulpen sendiri untuk tanda tangan. 

Pemilih yang rentan dan suhu tubuh lebih dari 37, 3 derajat celcius disediakan bilik khusus untuk memilih pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bantul Tahun 2020. 

Komentar atas PEMDA PASTIKAN PILKADA AMAN DARI COVID-19

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Tanggal :

Pengumuman

Pelayanan Libur pada Hari Rabu, 28 Juni 2023 s.d Jum'at, 30 Juni 2023 dikarenakan Cuti Hari Raya Idul Adha

Pamong Kalurahan Donotirto

Jurahimi Lurah Donotiro, Munir Sulastama Carik Donotirto, R. Andri Kusworo Ulu Ulu, Grandy Setyawan Jagabaya, Fauzan Nurul Huda Kamituwa, Sunardi, S.H Kaur Pangripta, Nita Nurwijyati Kaur Danarta, Ocq Frelliya Kaur Tata Laksana, Jayusman Dukuh Kalipakel, Sriyanto Dukuh Gadingdaton, Kiswanto Dukuh Palangjiwan, Edy Purnama Dukuh Gadinglumbung, Yurianta Dukuh Gadingharjo, Harsana Dukuh Mersan, Arif Miftahuddin Dukuh Colo, Anas Martanta Dukuh Busuran, Sukisna Dukuh Sruwuh, Nurdin Tri N Dukuh Tegalsari, Agus Hasta Dukuh Metuk, Sungatijan Dukuh Greges, Tri Sudaswadi Dukuh Mriyan

Koes Plus

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License