PEMBINAAN KAUM ROIS : FOKUS KEPENGURUSAN BERIBADAH DALAM MASA PANDEMI

Administrator 03 November 2020 14:10:15 WIB

Donotirto_Desa Donotirto kembali melaksanakan kegiatan pembinaan Kaum Rois pada selasa (03/11) pagi tadi. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap satu bulan sekali, yakni pada hari selasa wage. Hadir dalam kegiatan tersebut, Bapak Mustafied Amna selaku Kepala KUA Kecamatan Kretek dan Ibu Yuli Hastuti, SH selaku Penjabat Lurah Desa. 

Acara yang sekiranya difokuskan pada pembinaan Kaum Rois ini juga merupakan wadah atau forum untuk menyampaikan pendapat dan keluh kesah Kaum Rois dalam pelaksanaan peribadatan dan kepengurusan jenazah selama pandemi covid -19. Seperti yang diketahui, bahwa selama pandemi berlangsung banyak kegiatan yang melibatkan banyak orang untuk tidak diselenggarakan terlebih dahulu termasuk dalam perihal ibadah berjamaah yang dilaksanakan di masjid. Dalam kesempatan tersebut, Bapak Mustafied Amna menyampaikan arahannya terkait keresahan kepengurusan jenazah dan pemakaman yang tidak sesuai kaidah. Beliau menyampaikan bahwa tidak perlu takut bahwa kepengurusan jenazah dirumah sakit seperti memandikan jenazah dan menshalatkan jenazah tidak sesuai dengan kaidah yang ada. Seluruh proses kepengurusan jenazah dilakukan mengacu pada kaidah. Masyarakat yang ingin tetap mendoakan dan menshalatkan jenazah juga dapat dilakukan dirumah dengan cara shalat ghaib. 

Dengan dikeluarkannya Peraturan Bupati Nomor 117 Tahun 2020, belaiu berpesan bahwasanya untuk tetap melaksanakan ibadah meski dalam pandemi covid-19. Khusus pelaksanaan ibadah di masjid, Kaum Rois diminta menghimbau untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker dan mencuci tangan. " Jangan disuruh jaga jarak tapi ya pak" selorohnya. Bagi masyarakat yang masih takut, tetap dapat menjalankan ibadah dirumah secara berjamaah ataupun sendiri -sendiri. Beliau juga menyarankan untuk tetap melaksanakan membaca Kitab Suci Al-qur'an. " Bacalah meski hanya satu ayat" pungkasnya.

Komentar atas PEMBINAAN KAUM ROIS : FOKUS KEPENGURUSAN BERIBADAH DALAM MASA PANDEMI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Tanggal :

Pengumuman

Pelayanan Libur pada Hari Rabu, 28 Juni 2023 s.d Jum'at, 30 Juni 2023 dikarenakan Cuti Hari Raya Idul Adha

Pamong Kalurahan Donotirto

Jurahimi Lurah Donotiro, Munir Sulastama Carik Donotirto, R. Andri Kusworo Ulu Ulu, Grandy Setyawan Jagabaya, Fauzan Nurul Huda Kamituwa, Sunardi, S.H Kaur Pangripta, Nita Nurwijyati Kaur Danarta, Ocq Frelliya Kaur Tata Laksana, Jayusman Dukuh Kalipakel, Sriyanto Dukuh Gadingdaton, Kiswanto Dukuh Palangjiwan, Edy Purnama Dukuh Gadinglumbung, Yurianta Dukuh Gadingharjo, Harsana Dukuh Mersan, Arif Miftahuddin Dukuh Colo, Anas Martanta Dukuh Busuran, Sukisna Dukuh Sruwuh, Nurdin Tri N Dukuh Tegalsari, Agus Hasta Dukuh Metuk, Sungatijan Dukuh Greges, Tri Sudaswadi Dukuh Mriyan

Koes Plus

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License