SUKSESKAN PEMILUKADA DENGAN CEGAH COVID 19

Administrator 15 Oktober 2020 11:07:59 WIB

Donotirto_Kamis (12/10)Telah dilaksanakan kegiatan Tes Kesehatan petugas KPPS serentak di Wilayah Kecamatan Kretek yang berlangsung di Gedung Serba Guna Desa Donotirto Pagi ini. Langkah ini merupakan bagian dari penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid 10 dalam tahapan Pilkada. KPU,  Selaku pelaksana Pemilihan Kepala Daerah 2020 tidak main - main dalam menyikapi penularan Covid-19. Dalam hal ini, setelah diumumkannya pendaftaran KPPS pada tanggal 6 Oktober kemarin secara serentak. Petugas PPS selaku Panitia Pemungutan Suara tingkat Desa segera melaksanakan proses pengumpulan berkas yang dilaksanakan pada tanggal 7 s.d 13 Oktober di masing - maisng Sekretariat PPS. 

Terlepas dari pembentukan KPPS, KPU Bantul selaku penyelenggara pemungutan suara di Kabupaten Bantul memastikan bahwa saat pemungutan suara nantinya, masyarakat dapat berpartisipasi secara aktif dalam menggunakan hak pilihnya secara aman tanpa takut jika terjadi penularan Covid-19 dengan terus menerapkan protokol kesehatan. Penerapan protokol kesehatan bukan hanya dari masyarakat saja, namun Petugas KPPS yang akan bertugas dalam rangka mensukseskan Pemilukada Tahun 2020 juga harus bebas Covid -19. 

Petugas KPPS wajib melakukan Tes Kesehatan dan melakukan rapid test sebelum melaksanakan tugas. Jika terdapat petugas KPPS yang disinyalir positif, maka tugas KPPS dilimpahkan kepada PPS selaku Panitia Pemungutan Suara tingkat Desa. Pelaksanaan Cek kesehatan ini difasilitasi oleh Puskesmas Kecamatan Kretek sebagai wujud pencegahan sedini mungkin dalam memerangi wabah Covid-19.  “Dengan memastikan kesehatan para petugas maka kami bisa memberi kepastian kepada masyarakat bahwa penyelenggara pemilu dipastikan tidak terinfeksi Covid-19 selama bertugas menyelenggarakan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Bantul 2020 ini,” ujar Ketua PPS Desa Donotirto.

Nantinya, penerapan protokol kesehatan bukan hanya menghimbau masyarakat saat datang ke TPS setempat untuk memakai masker dan melaksanakan cuci tangan saja, namun pelaksanaan Protokol Kesehatan yang berada disetiap TPS dilaksanakan secara penuh. Salah satunya adalah penggunaan APD lengkap bagi petugas KPPS yang sedang bertugas serta pemakaian paku 1 orang untuk satu pencoblos dan tidak diperkenankan bergantian. 

Komentar atas SUKSESKAN PEMILUKADA DENGAN CEGAH COVID 19

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Tanggal :

Pengumuman

Pelayanan Libur pada Hari Rabu, 28 Juni 2023 s.d Jum'at, 30 Juni 2023 dikarenakan Cuti Hari Raya Idul Adha

Pamong Kalurahan Donotirto

Jurahimi Lurah Donotiro, Munir Sulastama Carik Donotirto, R. Andri Kusworo Ulu Ulu, Grandy Setyawan Jagabaya, Fauzan Nurul Huda Kamituwa, Sunardi, S.H Kaur Pangripta, Nita Nurwijyati Kaur Danarta, Ocq Frelliya Kaur Tata Laksana, Jayusman Dukuh Kalipakel, Sriyanto Dukuh Gadingdaton, Kiswanto Dukuh Palangjiwan, Edy Purnama Dukuh Gadinglumbung, Yurianta Dukuh Gadingharjo, Harsana Dukuh Mersan, Arif Miftahuddin Dukuh Colo, Anas Martanta Dukuh Busuran, Sukisna Dukuh Sruwuh, Nurdin Tri N Dukuh Tegalsari, Agus Hasta Dukuh Metuk, Sungatijan Dukuh Greges, Tri Sudaswadi Dukuh Mriyan

Koes Plus

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License