SUKSESKAN SP 2020 BPS D.I YOGYAKARTA GENCAR LAKSANAKAN SOSIALISASI

Administrator 02 Maret 2020 14:36:41 WIB

Donotirto_Guna mensukseskan Sensus Penduduk tahun 2020 yang sekiranya telah dilaksanakan mulai 15 Februari  2020 hingga 31 Maret 2020 khusus untuk sensus penduduk online Badan Pusat Statistik Provinsi D.I Yogyakarta gencar melaksanakan sosialisasi sensus penduduk Online di Desa Donotirto pada Senin (02/03) pagi ini. 

Melalui sosialisasi tersebut, masyarakat diharapkan dapat turut serta berpartisipasi dalam pelaksanaan sensus online yang telah dimulai pada tanggal 15 Februari lalu. Selain menyebarkan leaflet, Badan Pusat Statistik juga berperan proaktif untuk warga masyarakat dan pamong yang belum melaksanakan sensus penduduk online dengan cara membantu dan memandu setiap pamong dan warga masyarakat yang akan melaksanakan sensus penduduk online di Desa Donotirto. Kepada Pamong Desa BPS menyatakan bahwa semakin manusia dibekali kemudahan bertransaksi bersosialisasi dengan perkembangan teknologi yang ada. Seperti smartphone dan akses layanan internet yang sangat mudah. Maka dengan itu, BPS mengusung Program Sensus Penduduk Online sebagai program yang efektif dan dapat dilaksanakan dimanapun tanpa BPS Harus mengunjungi ke rumah - rumah penduduk setempat. Namun bagi masyarakat yang tidak dapat melaksanakan sensus penduduk online BPS akan tetap melaksanakan sensus penduduk wawancara yang sekiranya akan dilaksanakan pada 1 s.d 31 Juli 2020. 

Pelaksanaaan sensus penduduk tersebut, mengacu pada penggunaan data administrasi kependudukan dari Ditjen Dukcapil sebagai basis data dasar yang kemudian dilengkapi pada pelaksanaan SP2020. Upaya ini menjadi langkah penting pewujudan Satu Data Kependudukan Indonesia. Perlu diketahui bahwa, Sensus penduduk menjadi salah satu kegiatan wajib tiap 10 tahun negara untuk mengetahui jumlah penduduk yang dimiliki. Di Indonesia sendiri, sensus penduduk pertama kali diadakan pada tahun 1930. Dalam pelaksanaannya sensus penduduk sangat membutuhkan banyak petugas untuk melaksanakan sensus penduduk. Selain dibagi berdasarkan metode dan cara dalam melaksanakan sensus, sensus penduduk memiliki peranan yang cukup penting.

Beberapa fungsi penting dalam pelaksanaan sensus penduduk diantaranya adalah Negara dapat mengetahaui beberapa jumlah penduduk yang dimilikinya. Bukan hanya untuk mengetahui jumlah dan perkembangan penduduk saja, namun dengan diketahuinya jumlah penduduk maka negara dapat melaksanakan perencanaan pembangunan yang lebih efisien berdasarkan data penduduk yang telah dimiliki. Sensus penduduk menjamin kerahasiaan informasi sesuai dengan Undang - Undang yang berlaku. 

Komentar atas SUKSESKAN SP 2020 BPS D.I YOGYAKARTA GENCAR LAKSANAKAN SOSIALISASI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Tanggal :

Pengumuman

Pelayanan Libur pada Hari Rabu, 28 Juni 2023 s.d Jum'at, 30 Juni 2023 dikarenakan Cuti Hari Raya Idul Adha

Pamong Kalurahan Donotirto

Jurahimi Lurah Donotiro, Munir Sulastama Carik Donotirto, R. Andri Kusworo Ulu Ulu, Grandy Setyawan Jagabaya, Fauzan Nurul Huda Kamituwa, Sunardi, S.H Kaur Pangripta, Nita Nurwijyati Kaur Danarta, Ocq Frelliya Kaur Tata Laksana, Jayusman Dukuh Kalipakel, Sriyanto Dukuh Gadingdaton, Kiswanto Dukuh Palangjiwan, Edy Purnama Dukuh Gadinglumbung, Yurianta Dukuh Gadingharjo, Harsana Dukuh Mersan, Arif Miftahuddin Dukuh Colo, Anas Martanta Dukuh Busuran, Sukisna Dukuh Sruwuh, Nurdin Tri N Dukuh Tegalsari, Agus Hasta Dukuh Metuk, Sungatijan Dukuh Greges, Tri Sudaswadi Dukuh Mriyan

Koes Plus

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License