MENGHADAPI MUSIM HUJAN PETANI DAN TNI ANGKAT “WALET” SUNGAI BALONG

Administrator 18 November 2019 08:45:22 WIB

DONOTIRTO_Menghadapi musim hujan yang akan datang, Pemerintah Desa Donotirto bekerjasama dengan Petani dan TNI Angkatan Darat melakukan pengerukan walet sungai balong Sabtu (9/11) sd Minggu (10/11) lalu.

Sungai balong merupakan salah satu sungai yang menjadi salah satu penyebab permasalahan banjir di kawasan Desa Donotirto 3 tahun terakhir. Intensitas hujan yang tinggi, serta sedimentasi walet dan banyaknya sampah rumah tangga dan sampah pertanian membuat laju aliran sungai balong terhambat. Akibatnya aliran air sungai meluap dan menggenang di pemukiman warga yang berada di kawasan Sungai Balong. Selain musim hujan, Intensitas walet yang sudah menggunung juga menyebabkan permasalahan lain yang timbul saat musim kemarau karena jumlah debit air yang sedikit akan lebih banyak terserap kedalam walet atau lumpur padat sehingga jumlah air terus berkurang. Hal ini menyebabkan petani mau tidak mau memanfaatkan sumur boor guna untuk memenuhi pengairan dilahan-lahan pertanian.

Sehingga untuk membuat laju air di Sungai Balong lancar, diadakan kegiatan angkat walet oleh TNI bekerjasama dengan Pemerintah Desa Donotirto dan warga yang sebagian besar berprofesi sebagai petani disekitar aliran Sungai Balong. Kegiatan yang diinisiasi oleh TNI AD ini mendapat apresiasi penuh dari warga sekitar. Guna untuk mempermudah pekerjaan, digunakan 2 alat berat untuk mengeruk dasar sungai balong. Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, pengairan areal persawahan semakin lancar dan tidak menyebabkan permasalahan banjir dimusim penghujan.

 

 

Komentar atas MENGHADAPI MUSIM HUJAN PETANI DAN TNI ANGKAT “WALET” SUNGAI BALONG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Tanggal :

Pengumuman

Pelayanan Libur pada Hari Rabu, 28 Juni 2023 s.d Jum'at, 30 Juni 2023 dikarenakan Cuti Hari Raya Idul Adha

Pamong Kalurahan Donotirto

Jurahimi Lurah Donotiro, Munir Sulastama Carik Donotirto, R. Andri Kusworo Ulu Ulu, Grandy Setyawan Jagabaya, Fauzan Nurul Huda Kamituwa, Sunardi, S.H Kaur Pangripta, Nita Nurwijyati Kaur Danarta, Ocq Frelliya Kaur Tata Laksana, Jayusman Dukuh Kalipakel, Sriyanto Dukuh Gadingdaton, Kiswanto Dukuh Palangjiwan, Edy Purnama Dukuh Gadinglumbung, Yurianta Dukuh Gadingharjo, Harsana Dukuh Mersan, Arif Miftahuddin Dukuh Colo, Anas Martanta Dukuh Busuran, Sukisna Dukuh Sruwuh, Nurdin Tri N Dukuh Tegalsari, Agus Hasta Dukuh Metuk, Sungatijan Dukuh Greges, Tri Sudaswadi Dukuh Mriyan

Koes Plus

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License