MENGENAL LEBIH DEKAT PROGRAM JAGA WARGA: PENGUKUHAN DAN SOSIALISASI DI KALURAHAN DONOTIRTO

OCQ FRELLIYA AWAL A 21 November 2023 08:55:14 WIB

Donotirto_Jaga warga sejatinya merupakan sebuah konsep atau program yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan keamanan dan kepedulian antarwarga di suatu lingkungan. Program ini seringkali melibatkan kerjasama antara pemerintah setempat, aparat keamanan, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan harmonis. Hal ini sesuai yang tertuang dalam Peraturan Gubernur DIY nomor 28 Tahun 2021 tentang Kelompok Jaga Warga. Untuk itu, guna mengukuhkan sekaligus pembekalan terkait Tugas Pokok dan Fungsi Jaga Warga yang berada di tengah - tengah masyarakat, Pemerintah Kalurahan Donotirto menyelenggarakan prosesi pengukuhan dan sosialisasi Kelompok Jaga Warga yang tersebar di 13 Padukuhan Se- Kalurahan Donotirto. Prosesi pengukuhan dilangsungkan dengan pembacaan ikrar serentak yang dipimpin oleh Lurah selaku pembina Kelompok Jaga Warga Kalurahan Donotirto. 

Turut hadir sebagai narasumber tersebut Panewu Kretek, Cahya Widada S.Sos, MH serta Kapolsek Kretek, AKP Muchamad Mashuri. dimana dalam kesempatan tersebut Panewu menyampaikan terkait Program Jaga Warga. Program Jaga Warga merupakan inisiatif yang bertujuan untuk mempererat hubungan antara pemerintah setempat, aparat keamanan, dan masyarakat. Tujuan utamanya adalah menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan penuh kepedulian di dalam Kalurahan Donotirto. Melalui program ini, berbagai kegiatan preventif dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan keamanan dan kerukunan antarwarga.

Kemudian, AKP Muchamad Mashuri juga menyampaikan dan memberikan nilai tambah besar dalam acara tersebut. Beliau memberikan pemahaman mendalam tentang peran kepolisian dalam mendukung keamanan masyarakat. Kapolsek Mashuri juga secara aktif menjawab pertanyaan dari peserta, menciptakan suasana diskusi yang interaktif dan informatif. Dimana acara pengukuhan dan sosialisasi ini hanyalah awal dari perjalanan panjang Program Jaga Warga. Langkah selanjutnya adalah implementasi dari ide-ide brilian yang terlahir dari diskusi malam itu. Rencana kegiatan rutin, pelatihan, kampanye kesadaran, dan kolaborasi yang lebih erat antara pemerintah dan masyarakat akan menjadi fokus dalam mewujudkan visi program ini.

Pada intinya, keberhasilan Program Jaga Warga bergantung pada partisipasi aktif dari setiap individu. Dengan semangat gotong royong dan kesadaran akan pentingnya keamanan lingkungan, Kalurahan Donotirto akan menjadi contoh gemilang bagi daerah lain dalam menciptakan keamanan dan kedamaian. Program ini bukan hanya tentang keamanan fisik semata, tetapi juga tentang terciptanya rasa saling percaya, kebersamaan, dan kepedulian antarwarga. Inilah landasan kuat untuk membangun komunitas yang kuat dan harmonis.

Komentar atas MENGENAL LEBIH DEKAT PROGRAM JAGA WARGA: PENGUKUHAN DAN SOSIALISASI DI KALURAHAN DONOTIRTO

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Tanggal :

Pengumuman

Pelayanan Libur pada Hari Rabu, 28 Juni 2023 s.d Jum'at, 30 Juni 2023 dikarenakan Cuti Hari Raya Idul Adha

Pamong Kalurahan Donotirto

Jurahimi Lurah Donotiro, Munir Sulastama Carik Donotirto, R. Andri Kusworo Ulu Ulu, Grandy Setyawan Jagabaya, Fauzan Nurul Huda Kamituwa, Sunardi, S.H Kaur Pangripta, Nita Nurwijyati Kaur Danarta, Ocq Frelliya Kaur Tata Laksana, Jayusman Dukuh Kalipakel, Sriyanto Dukuh Gadingdaton, Kiswanto Dukuh Palangjiwan, Edy Purnama Dukuh Gadinglumbung, Yurianta Dukuh Gadingharjo, Harsana Dukuh Mersan, Arif Miftahuddin Dukuh Colo, Anas Martanta Dukuh Busuran, Sukisna Dukuh Sruwuh, Nurdin Tri N Dukuh Tegalsari, Agus Hasta Dukuh Metuk, Sungatijan Dukuh Greges, Tri Sudaswadi Dukuh Mriyan

Koes Plus

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License