BUPATI BANTUL TINJAU TANGGUL RUSAK AKIBAT BADAI CEMPAKA DI TAHUN 2017-2018 LALU

Administrator 21 Februari 2020 14:42:35 WIB

Donotirto_Menindaklanjuti laporan dari pemerintah Desa , terkait fasiltas pengairan yang rusak berupa Tanggul Sungai Winongo yang Jebol, pagi ini Jumat (21/2) Bupati Bantul Suharsono didampingi sejumlah OPD terkait,  Camat Kretek, Penjabat Lurah Desa dan Perangkat Desa meninjau langsung di beberapa titik Lokasi Tanggul Sungai Winongo yang Jebol dikawasan Desa Donotirto. 

Tanggul sungai winongo yang sejatinya telah rusak parah akibat terjangan Badai Tropis Cempaka yang terjadi 2 tahun silam belum ada tindakan perbaikan sama sekali. Sedangkan Kondisinya yang rusak parah juga berimbas pada Jembatan yang dibangun dengan Menghubungkan Desa Gadinglumbung dan Desa Gadingharjo yang kondisinya kurang baik dan rawan. Imbas langsung yang dirasakan oleh Warga adalah terjadinya Banjir yang menggenangi Rumah Warga hampir di 5 Pedukuhan yang berada disekitar wilayah Sungai Winongo. Dalam Keterangannya Dukuh Gadingharjo menjelaskan bahwasanya di awal bulan Januari Lalu tanggul yang berada tepat diselatan Jembatan Kembali Roboh. 

Siklus Cempaka yang terjadi antara penghujung tahun 2017-2018 menyebabkan kawasan Bantul mengalami dampak paling parah. Bukan hanya pohon tumbang namun juga tanah longsor, Banjir dan berimbas pada kerusakan beberapa fasilitas umum tak terkecuali Tanggul dan Jalan yang melintasi pemukiman warga. Diwilayah Donotirto sendiri, Banjir yang menggenangi pemukiman warga hingga 3 hari juga menyebabkan terputusnya saluran listrik dan akses air bersih.  Bahkan saat itu, Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Bantul telah menetapkan status Tanggap Darurat sehingga sudah mendirikan Posko untuk penanganan lebih optimal.

Dalam Tinjauannya Bupati Bantul mengatakan kepada perangkat desa dan awak media , Bahwa akan secepatnya untuk menindaklanjuti aduan dari pemerintah Desa mengenai tanggul yang jebol tersebut. " Kami akan tindaklanjuti sesegera mungkin mengenai tanggul yang rusak tersebut, namun sebelumnya kami juga akan mendiskusikan terlebih dahulu kepada BPWSU terkait langkah utama untuk kembali memperbaiki tanggul yang jebol". "mari kita sama-sama membangun desa, semangat makaryo mbangun desa dapat berhasil dengan kerjasama semua pihak, baik pemerintah, warga dan unsur swasta, " Imbuhnya.

Sementara itu, Dukuh Gadingharjo yang dalam kesempatan tersebut turut Hadir menyambut kedatangan Bupati berharap bahwa tanggul yang rusak benar - benar agar segera dilaksanakan perbaikan. Sehingga Kali Winongo dapat dikembalikan Fungsinya Sebagai Pengairan disektor pertanian masyarakat bukan hanya untuk menggenangi perumahan warga tiap musim penghujan tiba selorohnya. 

Komentar atas BUPATI BANTUL TINJAU TANGGUL RUSAK AKIBAT BADAI CEMPAKA DI TAHUN 2017-2018 LALU

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalender

Tanggal :

Pengumuman

Pelayanan Libur pada Hari Rabu, 28 Juni 2023 s.d Jum'at, 30 Juni 2023 dikarenakan Cuti Hari Raya Idul Adha

Pamong Kalurahan Donotirto

Jurahimi Lurah Donotiro, Munir Sulastama Carik Donotirto, R. Andri Kusworo Ulu Ulu, Grandy Setyawan Jagabaya, Fauzan Nurul Huda Kamituwa, Sunardi, S.H Kaur Pangripta, Nita Nurwijyati Kaur Danarta, Ocq Frelliya Kaur Tata Laksana, Jayusman Dukuh Kalipakel, Sriyanto Dukuh Gadingdaton, Kiswanto Dukuh Palangjiwan, Edy Purnama Dukuh Gadinglumbung, Yurianta Dukuh Gadingharjo, Harsana Dukuh Mersan, Arif Miftahuddin Dukuh Colo, Anas Martanta Dukuh Busuran, Sukisna Dukuh Sruwuh, Nurdin Tri N Dukuh Tegalsari, Agus Hasta Dukuh Metuk, Sungatijan Dukuh Greges, Tri Sudaswadi Dukuh Mriyan

Koes Plus

Media Sosial

FacebookYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License